Tuesday, September 30, 2008

Laskar Pelangi (the movie)

Akhirnya kesampaian juga nonton film ini!
Kebetulan gw baru selesai baca bukunya pas sebelum filmnya keluar. Bukunya sih udah lama keluar dan udah lumayan lama gw beli, tapi baru sempet baca sekarang-sekarang ini.
Pas mau nonton, widiih...antriannya panjang sekaliii...
tapi itu ga menyurutkan semangat gw bwat nonton dong!!

Langsung aja kita review filmnya:
Film ini diangkat dari novel laris dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. Ceritanya tentang 10 anak-anak Belitong di sebuah sekolah kampung, SD Muhammadiyah. Sekolah yang hampir rubuh gedungnya dan hampir ditutup karena kurangnya murid. Tapi semangat yang dimiliki sang kepala sekolah dan satu-satunya guru, Ibu Muslimah, serta kesepuluh anak-anak laskar pelangi tak pernah luntur untuk mempertahankan sekolah itu. Inti dari film ini adalah bagaimana kita memperjuangkan cita-cita, terus memiliki semangat, serta memanfaatkan segala kesempatan yang ada. Tidak lupa kuatnya ikatan persahabatan anggota laskar pelangi.

Film yang sangat bagus menurut gw. Memang tidak langsung menjiplak bukunya, ada beberapa perbedaan di film ini, seperti : munculnya tokoh Bakrie yang awalnya juga menjadi guru di SD Muhammadiyah namun keluar karena mendapat tawaran kerja di Bangka serta meninggalnya bapak kepala sekolah. Cerita di film memang tidak bisa selengkap buku. Namun perbedaan yang dibuat di film ini tidak mengurangi kualitasnya. Humor-humor "jadul" pun bisa diselipkan dengan menarik. Tidak lupa setting tempatnya di Pulau Belitong yang super keren!! Wihh..Film yang wajib untuk ditonton!! Tapi, gw juga sangat merekomendasikan untuk baca bukunya. Di buku, cerita tentang anak-anak laskar pelangi serta bagaimana mereka 12 tahun kemudian lebih banyak diceritakan. Dan kita bisa belajar dari kisah hidup mereka. Kisah yang paling berkesan bwat gw adalah ceritanya Lintang. Kisah hidupnya bener-bener menohok. Tapi sukses membuat gw bertekad untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan yang gw punya. Melihat kisah hidupnya, semua pembaca akan belajar bagaimana kita harus mensyukuri hidup ini.

Kalau ditanya lebih bagus buku atau filmnya, gw ga bisa menjawab. Karena filmnya sendiri tidak hanya mengurangi cerita, tapi juga ada beberapa tambahan. Jadi, nikmati saja dua-duanya!! hehehe..

Sebagai bonus, ini lirik lagu Laskar Pelangi by Nidji yang jadi soundtracknya film ini. Lagunya keren berat dan jadi nilai tambah bwat film ini. Ini dia:

Laskar Pelangi - Nidji

mimpi adalah kunci
untuk kita menaklukkan dunia
berlarilah tanpa lelah
sampai engkau meraihnya

laskar pelangi
takkan terikat waktu
bebaskan mimpimu di angkasa
warnai bintang di jiwa

menarilah dan terus tertawa
walau dunia tak seindah surga
bersukurlah pada yang kuasa
cinta kita di dunia

selamanya...

cinta kepada hidup
memberikan senyuman abadi
walau hidup kadang tak adil
tapi cinta lengkapi kita

laskar pelangi
takkan terikat waktu
jangan berhenti mewarnai
jutaan mimpi di bumi

menarilah dan terus tertawa
walau dunia tak seindah surga
bersukurlah pada yang kuasa
cinta kita di dunia

selamanya...

0 comments: